..........

RSS

Jangan Biarkan Ibu Jadi Gila


Seorang ibu pasti akrab dengan mencuci, menyetrika, memasak dan setumpuk pekerjaan rumah lainnya. Pekerjaan yang rutin, berulang setiap hari. Bahkan pekerjaan untuk besok, seperti akan masak apa, sudah terpikir hari ini. Itulah seorang ibu, yang dibilang di rumah, nyatanya bekerja sehari 24 jam , tujuh hari dalam seminggu. Nonstop tanpa ada libur. Perusahaan paling besar di dunia inipun tidak akan sanggup menggaji seorang ibu.

Emosi seorang ibu itu harus terus dijaga. Baik dari dalam maupun luar diri. Dari dalam sudah tentu berkaitan dengan diri sendiri. Sementara dari luar, adalah keikutsertaan keluarga terutama seorang suami dalam menjaganya.

Bayangkan, setelah perjuangan antara hidup dan mati dalam melahirkan, sesegera  mungkin ibu harus bekerja kembali. Bekerja disini dalam artian kembali dengan rutinitas ibu rumah tangga, ya beres-beres rumah, mengurus suami ditambah menggurus anak. Bayi yang baru lahir tidurnya masih terbalik, siang tidur malam bergadang menyusu. Naluri ibu, pasti akan menjaga anaknya yang baru bisa menangis ketika terjaga diwaktu malam. Sementara siang hari ketika anak tertidur, ibupun memanfaatkan untuk menyelesaikan tugas rumahnya. Kurang tidur membuat fisik melemah, lelah dan sudah pasti emosi akan mudah tersulut. Wajar jika ibu mulai berkata kasar ketika tidak mampu mengendalikan emosinya. Dalam situasi seperti ini, suami harus ikut andil agar keadaan tidak menjadi lebih buruk. Bantu istri sebisa mungkin agar bebannya sedikit berkurang dan emosinya terjaga.

Anak beranjak tumbuh, bahagia sudah pasti. Bertambah kepintarannya, bertambah juga pekerjaan ibu. Lantai rumah bisa di pel berkali-kali. Baru kering, eh si anak numpahin makanannya. Selesai ngepel kedua kalinya, lagi-lagi mainan berserakan dimana-mana dengan pemiliknya yang sudah beralih mengeksplor dapur. Sungguh pekerjaan ibu tiada habisnya. Ibu memang seorang yang super, kewarasaannya harus terus dijaga.

Wahai para ibu, jika kau  mulai merasa lelah, tariklah napas sejenak. Lihatlah, ladang pahala terhampar luas di depanmu. Semangat untuk kalian. Ibu ibu hebat di negeri in

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar