..........

RSS

Kuliner Solo

Ada yang sedang berada di kota solo atau sedang melintasi kota solo? Solo memiliki banyak makanan kuliner yang enak lohhh! Mungkin aku bisa membantu memberi sedikit referensi kuliner dari solo, kota kelahiran yang selalu aku rindukan.

1. Nasi Liwet.

Nasi Liwet sama dengan nasi putih biasa akan tetapi rasanya gurih karena menggunakan santan dalam memasak. Pelengkap nasi liwet adalah dengan sayuran Jipang, daging ayam, telur, santan kental (kumut), opor, dan berbagai bahan lainnya yang disajikan dengan alas daun pisang dengan sedikit ditekuk dan disematkan lidi supaya berbentuk kerucut(istilahnya disebut pincuk).




2. Wedang Ronde
Wedang ronde hampir sama dech dengan wedang jahe, tapi yang membedakannya ada taburan kacang tanah yang di sangrai, irisan kolang kaling dan sejenis klepon tanpa kelapa parut.







3. Timlo
Timlo berisi potongan-potongan daging ayam, jerohan ayam seperti ati ampela, potongan-potongan sosis solo, telur ayam pindang, dengan kuah mirip dengan sop dan di atasnya ditaburi bawang goreng.







4. Tahu Kupat
Tahu Kupat merupakan makanan yang terdiri dari ketupat, toge/kecambah, tahu goreng, bakwan goreng yang dipotong-potong, mie kuning dan taburan kacang goreng. Semua bahan tersebut disajikan dengan bumbu kecap manis encer dengan rasa bawang yang pas.





5. Intip
Intip adalah makanan yang terbuat dari nasi putih yang dikeringkan kemudian digoreng, atau biasanya orang menyebutnya Kerak Nasi. Iintip goreng biasanya dilumuri dengan garam atau gula jawa dibagian atasnya.

6. Serabi
Kue dari santan ini banyak ditemui diseluruh penjuru kota solo, namun satu tempat yang aku paling suka adalah serabi Notosuman. Mungkin cukup itu referensi dari aku, tapi kuliner solo masih banyak lohh. Seperti Tengkleng, Gudeg Ceker, Salad Solo dan masih banyak lain yang perlu temen-temen cicipi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar