..........

RSS

Kerudungku .....

Aku mengira ini sudah lama, tapi ternyata ketika menilik ke catatan baru lima tahun aku mengenakan jilbab. Masih terekam jelas diingatanku bagaimana aku mendapatkan penolakan dari keluarga dan cibiran buruk lingkungan diawal aku memutuskan untuk memakai jilbab. Wajar bagi keluargaku untuk menolak keputusan putri kecil satu-satunya, ketakutan akan perubahan yang signifikan terhadap keluarga adalah salah satu alasan mereka. Bagaimana mereka melihat perubahan orang-orang disekeliling terhadap keluarga ketika telah memutuskan memakai jilbab, atau lebih tepatnya sikap fanatik yang berlebihan. Terlebih lagi keluarga besarku bukan mayoritas muslim namun disitulah tercipta toleransi di keluarga besarku. Dengan keyakinan yang kuat dari diriku akhirnya mereka mengizinkanku memakai jilbab, meski aku tahu dalam hati mereka masih merasa berat menerimanya.
“ahh...pakai jilbab belum tentu kelakuannya baik” cibiran yang banyak dilontarkan masyarakat untuk kaum wanita yang berjilbab dan itu juga dilontarkan padaku ketika masa awal-awal aku memakai jilbab. Waktu itu aku bilang pada diriku sendiri “aku akan buktikan memakai jilbab akan membuatku aman dari pandangan buruk mata-mata yang tak halal dan membuatku sempurna dimataNya,amin”.
Seiring berjalannya waktu, keluarga besarku begitu terbuka dengan mereka yang memakai jilbab. Terlebih lagi ketika saudara-saudaraku yang lainpun memutuskan untuk memakai jilbab seperti diriku. Dan jilbab ini telah begitu nyaman menemani langkah-langkahku untuk terus memperbaiki diri, karena tak dipungkiri meski aku telah memutuskan memakai jilbab, namun belum tentu juga aku lebih baik dari mereka yang tidak memakai jilbab. Terus berusaha menjadi yang terbaik dalam mendapatkan ridhoNya adalah yang lebih penting. Karena pakaian muslim yang sesungguhnya adalah aklaqul karimah dan pakaian dari seorang mukmin adalah takwa. Maka teruslah berlomba-lomba dalam kebaikan, agar kau bisa mendapatkan pakaian muslim dan pakaian mukmin itu. Dan jilbab ini terasa telah melekat dengan nyamannya pada diriku, maka ku goreskan sedikit tinta untuknya....
Mereka, terus saja bertanya
Kenapa???
Maka,
Ku katakan dengan lantangnya
Aku masih bisa untuk memilih
Dan inilah,
Yang terbaik yang aku pilih
Demi rasa aman yang ingin kuraih
Kerudungku,
Tanda bahwa aku perduli terhadap diriku
Agar aku bisa dihormati
Sebagai muslimah masa kini .....
Amin

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar