..........

RSS

Mencicipi Kuliner Dari Brebes

Setelah perjalanan panjang menaiki dan menuruni bukit dari Bekasi ke Brebes, tibalah kami di Kecamatan Salem Kabupaten Brebes, jam sudah menunjukan pukul 7 malam dan perut berdengung-dengung menandakan lapar yang teramat lapar. Beruntung tuan rumah dimana kami menginap telah menyedikan makan malam untuk menyambut kami. Sejenak saya terkejut dengan beberapa makanan yang dihidangkan untuk kami.

1.    Menu makan malam kami
Nasi dengan berbagai macam lauk. Dari pete rebus, beralih ke lalapan daun reunde, tumis bunga bawang (karena Brebes terkenang dengan bawang merahnya, jadi daunnya dimanfaatkan untuk lauk), daging bebek, sayur paku/pakis, dan tak ketinggalan sambal terasi. Mungkin karena saya berasal dari Solo yang tidak terlalu sering makan dengan ditemani lalapan, saya mencoba lalapan daun reunde. Namun apa yang terjadi ketika saya mencoba lalapan itu? Saya tidak bisa menelan makanan, rasa lalapannya terlalu tajam, dan berujung rasa pahit di lihat. Mungkin ini karena sebuah kebiasaan, buktinya teman saya yang berasal dari daerah pasundan yang sudah familiar dengan lalapan merasa enak-enak saja dengan lalapan tersebut.

2.    Papais
Saya rasa ini satu-satunya makanan yang cocok untuk lidah saya selama berada di Brebes, “papais”. Makanan yang terbuat dari tepung ketan ini, terasa manis dan legit ketika dinikmati. Saya tidak yakin khas makanan mana papais itu, karena ketika saya pernah berkunjung ke Ciamis saya juga pernah menemukannya disana. Mungkin teman-teman ada yang bisa bantu...!

3.    Telur Asin
Mungkin dibeberapa daerah kita bisa menemukan telur asin, namun telur asin dari Brebes lebih terkenal dan lebih di akui enaknya. Terlebih lagi dengan adanya inovasi baru, “telur asin panggang”. Karena saya memiliki aleri terhadap telur, maka saya hanya berani mecicipinya sedikit (semoga tidak berpengaruh banyak). Saya akui, meski hanya mencobanya sedikit, rasanya tidak diragukan lagi. Enakkkk dan tidak amis dilidah.




Memang masih banyak kuliner dari Kota Berhias ini, namun saya hanya punya kesempatan untuk mencicipi beberapa kuliner diatas. Bagi temen-temen yang lebih banyak tahu, bisa menyarankan kuliner dari kota ini untuk saya cicipi ketika berkesempatan berada di Brebes lagi!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar